konten 1
konten 2
konten 3

Rabu, 04 Januari 2012

SOSIALISASI PENANGANAN IKAN YANG BAIK

Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang berada di Kab. Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. PPN Sungailiat merupakan pelabuhan yang etr masuk kelas B yang telah naik status dari Pelabuhan Perikanan Pantai menjadi Pelabuhan Perikanan Nusantara.

Berdasarkan Undang-Undang No.45 Tahun 2009 tentang Perikanan, Pelabuhan Perikanan mempunyai fungsi pemerintahan dan pengusahaan guna mendukung kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ikan dan lingkungannya mulai dari pra-produksi, pengelolaan, sampai dengan pemasaran.

Dari fungsi tersebut, salah satu fungsi Pelabuhan Perikanan adalah “Pelayanan Pembinaan Mutu dan Pengolahan Hasil Perikanan” sehingga Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat pada hari senin, 24 Oktober 2011 menyelenggarakan “Sosialisasi Penanganan Ikan Yang Baik” di Balai Pertemuan Nelayan Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat . Peserta kegiatan ini sebanyak 40 orang yang terdiri dari nelayan, pengumpul ikan, pedagang ikan, pengusaha kapal, pengusaha pabrik es, HPINS dan perwakilan dari instansi terkait diantaranya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka, PSDKP, LPPMHP, petugas TPI Sungailiat dan TPI Ketapang.

Maksud dan tujuan Sosialisasi Penanganan Ikan Yang Baik ini adalah

1. Memberikan pemahaman kepada nelayan mengenai pentingnya menjaga mutu hasil tangkapan;

2. Memberikan pemahaman kepada nelayan mengenai rantai dingin dalam penanganan ikan;

3. Memberikan pemahaman kepada nelayan tentang bahaya penggunaan bahan pengawet berbahaya.

0 komentar: